Tentang ToKonjo

ToKonjo adalah sebutan untuk orang dari suku Konjo, sebuah suku di Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan yang sejajar dengan suku Bugis dan Makassar. Jumlahnya yang minoritas sehingga suku Konjo kadang dianggap tiada.

16 Juli 2013

Domain Baru, tokonjo.net

Akhirnya bisa kembali ke jagad internet dan dunia blogging dengan domain baru www.tokonjo.net. Sempat menghilang karena kesalahan kecil yang fatal sehingga domain blog ini yang sebelumnya tokonjo.com (selama 4 tahun) lepas dari tangan dan diambil oleh orang lain dari Jepang. Tetapi semua telah berlalu dan biarkan berlalu tersapu angin, saatnya menatap ke depan dengan suasana baru, domain baru www.tokonjo.net.

Dari awal, tak ada yang istimewa dari blog ini. Hanya sebagai wadah eksistensi diri sebagai tokonjo (orang Konjo) yang sulit dan tak ingin aku lepas meski dalam blog ini sangat sedikit ulasan tentang suku Konjo, suku minoritas di Sulawesi Selatan yang ada Kabupaten Bulukumba.

Tetapi minoritas bukan berarti tiada dan aku akan selalu bangga menyebut diri sebagai ToKonjo (orang dari suku Konjo), saya bukan suku Makassar, saya bukan suku Bugis, Saya bukan suku Mandar tapi saya adalah suku Konjo. Saya pernah berada di tengah-tengah suku Makassar, berkawan dengan teman-teman dari suku Mandar dan saat ini meniti karir di tengah-tengah suku Bugis. Namun, sekali lag aku Suku Konjo, suku minoritas dari Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan yang kebanyakan orang suku Makassar menyebutnya sub suku Makassar, tetapi bagiku dan bagi kami TIDAK. Suku kami bukan sub tetapi suku yang berdiri sendiri yang terbentuk dari akar budaya sendiri yang kokoh dari Kajang.


Silahkan Baca juga Postingan berikut:

0 komentar:

Mau jadi pertamax?

Segera tuliskan komentar Anda mumpung masih kosong dan jadilah yang pertamax. Di sinilah tempat Anda untuk menuliskan curahan hati atas tulisan saya di atas baik berupa apresiasi, saran, kritikan, atau pertanyaan jika memang kurang jelas atau tambahan jika memang kurang lengkap.

Komentar Anda sangat ToKonjo | Media Belajar butuhkan untuk pengembangan kualitas blog ToKonjo | Media Belajar ini ke depan. Mari terus belajar dan berbagi karena belajar dan berbagi itu indah. Terima Kasih.

Silahkan Berkomentar

Silahkan berkomentar dengan bijak sesuai tema tulisan. Gunakan Name/URL untuk memudahkan saya merespon komentar Anda.

BERLANGGANANTulisan Terbaru