Tentang ToKonjo

ToKonjo adalah sebutan untuk orang dari suku Konjo, sebuah suku di Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan yang sejajar dengan suku Bugis dan Makassar. Jumlahnya yang minoritas sehingga suku Konjo kadang dianggap tiada.

18 Juli 2013

Cara Membuat Bootable Windows dengan USB Flash Disk

Sebenarnya banyak blog yang membahas cara Membuat Bootable Windows dengan USB Flash Disk. Saya menulis kembali di blog ini hanya semata-mata agar jika suatu saat saya membutuhkan tutorial ini tidak harus repot lagi mencari di google. Cara hanya ini berlaku untuk Windows 7 dan Windows 8, setidaknya itu berdasarkan pengalaman saya yang telah mencoba cara ini.

Berikut adalah beberapa syarat yang harus tersedia untuk membuat Bootable Windows dengan USB Flash Disk:

  1. USB Flash Disk dengan kapasitas minimal 4 GB
  2. Installer windows 7 atau windows 8 dalam bentuk DVD atau soft copy dalam hard disk komputer. 
  3. Jika installer dalam bentuk DVD maka komputer harus dilengkapi dengan DVD ROM, boleh internal maupun external. Jika installer dalam hard disk komputer, sebaiknya dalam bentuk file .iso. Itu artinya komputer harus dilengkapi aplikasi virtual drive.
Jika semua syarat telah terpenuhi, berikut adalah-adalah langkah-langkah Membuat Bootable Windows dengan USB Flash Disk:
  1. Pasang USB Flash Disk, pastikan bahwa data-data di USB Flash Disk telah dibackup karena dalam proses nantinya Flash Disk akan diformat
  2. Klik Start - All Program - Accessories - klik kanan pada Command Prompt - Pilih Run As Administrator
  3. Akan muncul popup User Account Control, pilih Yes.
  4. Pada halaman Command Prompt, Ketik DISKPART lalu tekan Enter.
  5. Ketik LIST DISK lalu tekan Enter.
  6. Perhatikan letak USB Flash disk, flash disk yang saya gunakan terletak di Disk 1.
    Ketik SELECT DISK 1, lalu tekan Enter.
  7. Ketik CLEAN lalu tekan Enter.
  8. Ketik CREATE PARTITION PRIMARY lalu tekan Enter.
  9. Ketik SELECT PARTITION 1 lalu tekan Enter.
  10. Ketik ACTIVE lalu tekan Enter.
  11. Ketik FORMAT FS=NTFS lalu tekan Enter. Selanjutnya tunggu sampai proses format selesai 100%.
  12. Ketik ASSIGN lalu tekan Enter.
  13. Ketik EXIT lalu tekan ENTER. Pada tahap ini biarkan window Command Prompt tetap terbuka karena nanti kita akan kembali ke sini lagi. Namun jika terlanjur tertutup bisa dibuka lagi dengan mengikuti langkah 1 sampai 3.
  14. Siapkan Source Installer Windows 7. Jika dalam bentuk DVD masukkan ke DVD ROM, jika dalam bentuk ISO segera mount dengan aplikasi virtual drive yang Anda punya.
    Dalam demo ini, saya menggunakan file .iso yang saya mount menggunakan virtual drive PowerIso.
  15. Perhatikan baik-baik direktori atau drive letter tempat Source Installer Windows 7 tersebut. Dalam demo ini terdapat di drive G.
  16. Kembalilah ke window Command Prompt lagi, jika terlanjur tertutup bisa dibuka lagi dengan mengikuti langkah 1 sampai 3. Sekarang kita ingin masuk ke direktori tempat Source Installer Windows 7 tersebut (dalam contoh ini ada di drive G). Jadi ketik G: lalu tekan Enter.
  17. Ketik CD BOOT lalu tekan Enter.
  18. Perhatikan baik-baik drive letter Flash Disk Anda. Dalam contoh ini Flash Disk saya ada di drive J. Jadi ketikkan BOOTSECT /NT60 J: lalu tekan Enter (Jika Flash Disk Anda ada di drive K, maka perintah yang harus diketik adalah BOOTSECT /NT60 K:).
  19. Window Command Prompt sekarang sudah bisa ditutup. Selanjutnya tinggal meng-copy semua file yang ada di Source Installer Windows 7 ke Flash Disk Anda.
Sekarang Flash Disk sudah bisa digunakan untuk menginstal windows terutama pada perangkat netbook yang tidak dilengkapi DVD ROM.

Jangan lupa sebelum menginstal windows, ubah boot source ke USB Flash Disk.

Selamat Mencoba...


Silahkan Baca juga Postingan berikut:

0 komentar:

Mau jadi pertamax?

Segera tuliskan komentar Anda mumpung masih kosong dan jadilah yang pertamax. Di sinilah tempat Anda untuk menuliskan curahan hati atas tulisan saya di atas baik berupa apresiasi, saran, kritikan, atau pertanyaan jika memang kurang jelas atau tambahan jika memang kurang lengkap.

Komentar Anda sangat ToKonjo | Media Belajar butuhkan untuk pengembangan kualitas blog ToKonjo | Media Belajar ini ke depan. Mari terus belajar dan berbagi karena belajar dan berbagi itu indah. Terima Kasih.

Silahkan Berkomentar

Silahkan berkomentar dengan bijak sesuai tema tulisan. Gunakan Name/URL untuk memudahkan saya merespon komentar Anda.

BERLANGGANANTulisan Terbaru